Toilet

Pada suatu hari, Archimedes sedang kebingungan untuk mencari cara menghitung kandungan emas yang ada pada mahkota sang raja, Ia harus dengan cepat menemukan cara yang akurat untuk menimbang kandungan emas itu atau Dia akan dipenggal. Mungkin karena tegang, Archimedes keringetan dan timbul bau badan, jadi Ia pergi mandi. Karena pada saat itu belum ada shower, Dia mandi di dalam bak mandi, sewaktu dia ngeliat air yang berjatuhan dari bak mandi Archimedes mendapat pencerahan; Dia tau cara ngitung kandungan emas di dalem mahkota raja, lalu dia teriak-teriak eurika keliling kota sambil telanjang.

Pada hari lainnya, di Amerika taun 1900an awal, Elisha Gray sedang kebingungan mencari cara untuk membuat mesin telegraph jadi lebih efisien, mungkin karena rumah yang sempit, Dia meletakkan beberapa baterai di toilet dekat bak mandinya (baterai segede toples, bukan ukuran AA). Sewaktu keponakannya memegang-megang baterai sambil memegang bak mandi yang terbuat dari logam, keponakannya bisa ngehasilin suara-suara aneh yang dihasilkan dari bak mandi, saat itu Gray mengetahui kalau listrik bisa membawa suara. Penemuan di tersebut membantu Dia untuk menemukan telephone. Penemuan itu juga menghasilkan banyak benda moderen seperti speaker, radio, tv, radar, telephone genggam, satelit, dan banyak penemuan-penemuan penting lainnya.

Liat persamaan dari 2 kasus diatas? 2 penemuan besar, 2 kejadian tidak disengaja, satu lokasi: toilet. Sebenarnya bukan cuma 2 kasus diatas itu aja dimana orang-orang mendapat ilham di toilet; komikus Yoshito Usui menggambarkan di komiknya kalau Dia selalu mendapat inspirasi untuk bikin Shinchan saat dia buang air dengan lancar, dan inspirasinya macet disaat Dia sedang sembelit. Gua sendiri banyak mendapat ilham untuk menulis artikel, menulis lagu, atau menggambar pada saat berada di toilet. Ada juga seorang penemu (yang Gua lupa namanya siapa) yang mendapatkan ide dari shower di toilet hotel tempat dia menginap di Jerman, dan enggak keitung banyaknya musisi yang ngaku nyiptain lagu di toilet.

Sumber inspirasi?

Jadi ada apa dengan toilet? Apa yang begitu suci mengenai tempat ini sehingga banyak penemuan dan kreasi-kreasi hebat memunculkan dirinya disana?

Gua rasa itu bukan wahyu dari tuhan, Gua enggak pernah dengar cerita mengenai seorang nabi yang mendapat wahyu di toilet, dan Gua rasa toilet yang lembab dan bau bukan tempat yang cocok bagi tuhan untuk turun dan membisikan wahyu kepada nabi mengenai hal keagamaan. lagian kan jelek kalo Dia ditanya “dapet wahyu dimana?” “oh waktu Saya nongkrong tiba-tiba tuhan datang blabla….”

Gua rasa itu karena toilet adalah tempat dimana kita bisa merenung dengan kidmat untuk memikirkan masalah yang terjadi, dengan khusuk Kita bisa duduk berjam-jam diatas toilet atau didalem bak mandi berisi air panas memikirkan penyelesaian dari persoalan yang kita hadapi. Diluar toilet Kita begitu terganggu dengan adanya segala hal yang mengalihkan perhatian Kita untuk fokus, entah pekerjaan, suara tv, atau basa-basi dengan orang lain, tapi didalam toilet nggak ada hal yang dapat mengganggu Kita, Kita terisolasi dari dunia luar, Kita berada di dalam kepompong Kita, dunia milik kita sendiri.

Diluar Kita harus berbagi dunia dengan orang lain, banyak fokus Kita dihabiskan untuk menahan diri, menjaga sikap, dan berbasa-basi. Tapi didalam toilet Kita bisa bebas berekspresi sesuka yang Kita mau, Kita bisa joget, nyanyi teriak-teriak, loncat-loncat, bebas menjadi diri sendiri, terlepas dari belenggu tata krama yang mengikat Kita di dunia luar. Perasaan kebebasan itulah yang membuat kreatifitas Kita jadi membludak sehingga kita dapat menemukan banyak inspirasi ketika kita di dalam toilet.

Ditambah juga menurut penelitian, ruangan yang hening dan sunyi dapat menurunkan aktivitas gelombang otak kita ke frekuensi gelombang Alpha. Frekuensi gelombang Alpha adalah frekuensi yang berada di antara kesadaran dan ketidaksadaran otak manusia, dan pada saat seseorang berada di dalam kondisi ini, Dia dapat menjadi kreatif dan imajinatif.

Dan kalau Kalian perhatikan dengan seksama, mekanisme dan bahan-bahan yang tersedia di dalam toilet juga mendukung penemuan-penemuan hebat itu. Pernah lihat mekanisme kloset? Bagaimana dia ngeflush? Bagaimana dia secara otomatis mengisi air untuk ngeflush, dan bagaimana dia bisa secara otomatis berenti mengisi ketika kontainernya penuh? Mekanismenya sederhana tapi elegan dan efektif, siapapun yang bikin pasti Dia jenius. dan sampai sekarang Gua nggak tau bagaimmana cara keran bekerja, yah tentu aja ada tekanan air dari atas ditambah gravitasi yang membuat air turun ketika kerannya dibuka, tapi kalau ada tekanan, kenapa air yang keluar malah pelan pada saat keran yang dibuka kecil? Bukannya kalau air bertekanan tinggi dialirkan melalui lubang kecil malah menyebabkan airnya keluar dengan kencang? Lalu kenapa yang terjadi malah sebaliknya?

Begitu banyak pertanyaan yang dapat ditanyakan di toilet, begitu banyak pula pertanyaan yang dapat dijawab di toilet. Toilet lebih dari sekedar tempat untuk buang hajat dan mandi, toilet adalah sebuah dunia tersendiri, dunia yang terisolir dari bumi sehingga Kalian bisa menjadi bebas dari segala hal dibumi, Toilet adalah dunia dimana otak Kalian bisa menjadi tenang dan kreatifitas Kalian bisa membludak, Toilet adalah tempat penuh dengan keajaiban mekanisme yang melalui kesederhanaanya sangat membantu kehidupan keseharian kita.

Toilet adalah kepompong untuk manusia, dan layaknya si ulat buruk rupa yang berubah menjadi kupu-kupu cantik di dalam kepompongnya, manusia pun dapat masuk kedalam toilet dan keluar menjadi manusia yang lega, bersemangat, dan penuh ide. Singkat kata, Toilet adalah keajaiban.

Tulisan diatas Gua tulis pada tahun 2010. Walaupun banyak guyonnya, Gua serius mengenai ide tentang keheningan dan fokus yang dapat memberi kesempatan bagi kita untuk merenung untuk mendapatkan ide-ide baru atau mungkin hanya sekedar untuk berintrospeksi, Ibaratnya kayak meditasi lah.  Tapi sekarang, keheningan itu punya musuh yang kuat, musuh yang menggoda Kita setiap detiknya untuk tidak berpikir sendiri tapi hanya menelan buanyak informasi yang disediakan dari seluruh dunia; Smartphone Kita.

Musuh toilet

Kita punya informasi dan berita dari seluruh dunia pada genggaman tangan Kita, dari informasi  mengenai sains, budaya, sampai gossip nggak penting. Semua informasi ini begitu mudah untuk diakses sehingga disaat kapanpun Kita lagi nggak ada kerjaan, Kita beralih ke internet. Ini mungkin sebenarnya nggak begitu buruk, tapi hal ini menyebabkan Kita jadi nggak sempat lagi untuk merenung dan berpikir untuk diri sendiri, Kita enggak sempet lagi mengkondisikan otak Kita ke frekuensi Alpha, dan ini (mungkin) membuat Kita jadi nggak sekreatif dulu. Sekarang Kita sebelum tidur liatin HP, bangun tidur kuterus ngecek notif HP, ke toilet pun harus bawa HP, HP HP HP.

Ada eksperimen dimana mahasiswa disuruh duduk di bangku tanpa buku tanpa HP tanpa apapun. Mereka diminta untuk duduk anteng selama 6 sampai 15 menit. Pada awal eksperimen Mereka ditanya “Apa Kamu mau nyetrum diri Kamu?” Mereka semua ngejawab “Nggak!”. Setelah 6 menit duduk diam, Mereka semua nyetrum diri mereka sendiri. Mereka lebih memilih untuk menyetrum diri sendiri ketimbang duduk dan mendengarkan pikiran Mereka sendiri. Disaat Kita bisa mendapat distraksi kapanpun pikiran kita standby, Kita melihat kesendirian sebagai sebuah masalah yang harus diselesaikan dengan teknologi, dan itu membuat Kita jadi nggak sempet mikir untuk diri sendiri.

Gua sadar sejak internet mulai menguasai hidup Gua, Gua jadi jauh lebih nggak produktif, jadi jarang nulis, jarang nggambar, jarang ngulik/cover lagu, bikin video, dll. Gua terlalu sibuk nelenin buanyak informasi sehingga Gua enggak sempet produktif, nggak sempet mikir untuk dapet ide-ide untuk produktif, dan akibatnya semakin jarang Gua produktif semakin berkurang juga motivasi Gua untuk produktif.

Gimana yah.. Di satu sisi, informasi-informasi di internet bisa jadi bahan yang sangat berharga untuk memberi Kita ide, tapi di satu sisi, Kita jadi nggak punya banyak waktu untuk ngembangin ide-ide tersebut karena sibuk mengkonsumsi informasi yang ada. Ya sadar diri sih..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s